prediksi pertandingan Spanyol vs Swiss

Posted: June 16, 2010 in bola, prediksi, world cup

Spanyol akan mengawali Piala Dunia dengan laga melawan Swis hari Rabu (17/6). Banyak yang memprediksi La Furia Roja akan sukses besar. Spanyol banyak diunggulkan oleh pengamat mempunyai peluang paling besar untuk menjuarai Piala Dunia.

Pra Pertandingan

Datang ke Afrika Selatan (Afsel) dengan status juara Euro 2008, Spanyol difavoritkan menjuarai Piala Dunia 2010. Padahal, La Furia Roja — julukan timnas Spanyol — tak punya sejarah sukses di perhelatan sepakbola sejagad.

Spanyol adalah pecundang abadi di Piala Dunia. Mereka selalu datang dengan banyak pemain berbakat, tapi tak bisa mengulang sukses Piala Dunia 1950, atau saat pulang sebagai penghuni peringkat empat.

Swiss tidak ingin mengulang kesalahan empat tahun lalu, dengan tidak memperlihatkan ekspektasi tinggi. Tahun 2006, Swiss datang ke Jerman dengan rekor tak terkalahkan di banyak laga kualifikasi dan pemanasan, tapi tak bisa bersaing di penyisihan grup.

Status favorit ditanggapi beragam oleh banyak pemain. Cesc Fabregas, misalnya, menganggap status itu tak berarti apa-apa. David Villa mengatakan tidak melihat ekspektasi publik yang terlalu besar sebagai tekanan.

Spanyol dan Swiss akan menjadi klub terakhir yang memainkan pertandingan pertama. Keduanya bertemu di Mabhida Stadium.

Bagi Swiss, laga ini terlalu dini karena mereka tidak bisa memainkan Alexander Frei dan Valon Behrami. Keduanya masih cedera, dan baru diperkirakan bisa bermain pada laga ketiga.

Frei adalah striker Swiss paling produktif. Behrami diyakini bisa mengimbangi keunggulan individu pemain-pemain Spanyol.

Berbeda dengan Hitzfeld, Vicente Del Bosque membutuhkan semua defender terbaiknya agar lapangan tengah dan depannya konsentrasi menyerang dan mengembangkan permainan.

Andres Iniesta telah kembali fit, dan kemungkinan dimainkan. Fernando Torres masih dalam tahap penyembuhan. Akibatnya, David Villa akan bermain sendirian di depan, dan Del Bosque yakin gol-gol akan tercipta dari lini tengah.

Lini belakang Spanyol dipastikan akan diisi Carles Puyol, Gerard Pique, Sergio Ramos, dan Joan Capdevilla. Kapten Iker Casillas masih berdiri di bawah mistar.

Del Bosque yakin laga melawan Swiss akan sangat berat. Namun Villa percaya rekan-rekannya akan bermain seperti biasanya, dan tidak terpancing dengan irama yang diciptakan Swiss.

Spanyol
19-11-2009 Austria 1 – 5 Spanyol
04-03-2010 Prancis 0 – 2 Spanyol
29-05-2010 Spanyol 3 – 2 Arab Saudi
03-06-2010 Spanyol 1 – 0 Korsel
09-06-2010 Spanyol 6 – 0 Polandia

Swiss
15-10-2009 Swiss 0 – 0 Israel
14-11-2009 Swiss 0 – 1 Norwegia
04-03-2010 Swiss 1 – 3 Uruguay
02-06-2010 Swiss 0 – 1 Kosta Rika
06-06-2010 Swiss 1 – 1 Italia

Spanyol

Andres Iniesta sembuh dari cedera paha, dan mulai melakukan latihan normal sejak Senin. Namun pelatih Del Bosque masih akan mengistirahatkannya untuk laga pembuka. Del Bosque butuh pemain yang fit seratus persen untuk laga ini.

Fernando Torres dan Cesc Fabregas, yang juga cedera, juga telah pulih. Namun jika pada jam-jam terakhir Del Bosque berubah pikiran, dengan tidak memasang Torres, Villa akan berdiri sendirian di depan.

Swiss

Frei dan Valon Behrami hanya akan menyaksikan laga ini dari bangku penonton. Pelatih Ottmar Hitzfeld yakin tanpa keduanya Swiss masih bisa mengimbangi permainan teknik tinggi Spanyol.

Philippe Senderos, bek tim nasional Swiss, mengaku negaranya tidak memiliki beban apapun untuk menghadapi kandidat juara Piala Dunia, Spanyol. Pemain milik Arsenal ini menambahkan, timnya hanya berharap bisa tampil lepas saja dan bisa tampil solid di lini belakang. “Spanyol memiliki peluang bagus untuk memenangkan Piala Dunia kali ini dan kami akan berusaha melakukan yang terbaik saja menghadapi mereka besok,” kata Senderos. “Yang pasti kami akan berusaha untuk membuat mereka sejumlah kesulitan dan berusaha semaksimal mungkin bisa mendapatkan sejumlah angka dari pertandingan melawan mereka,” katanya. “Spanyol memang pantas mendapat perhatian karena setelah memenangkan Euro 2008 mereka menjadi salah satu favorit. Sementara kami adalah tim gurem tapi kami akan berusaha tampil dengan mental yang sama seperti mereka dan melakukan yang terbaik.”

Gelandang bertahan, Xabi Alonso, menegaskan rekan-rekannya tak boleh meremehkan Swis, karena Schweizer Nati bukanlah tim gurem. “Kami telah menyaksikan video Swis melawan Kosta Rika di Italia. Mereka punya srangan balik yang maut dan skema bola mati mereka sangat berbahaya. Mereka kuat secara fisik dan punya penyerang yang tangguh yang tahu cara mengatur bola,” ujar Alonso pada Cadena Ser. “Kami menjalani makan malam dengan cukup santai hari Senin dan kini kami tengah berkonsentrasi pada pertandingan hari Rabu. Kami sempat menyaksikan permainan Italia di babak kedua. Mereka menjalani laga yang alot. Saya yakin mereka bisa lolos sebagai juara grup meski tidak terlalu baik di laga perdana,” tamba

Pemain Yang Bakal Cemerlang

David Villa: Jika ada pemain yang pantas difavoritkan meraih Golden Boot, David Villa salah satunya. El Gueje datang ke Spanyol dengan form luar biasa. Ia mencetak tujuh gol dari delapan laga. Ia sedang berupaya mengejar rekor Raul Gonzales, yang mencetak 44 gol untuk timnas Spanyol.

Gokhan Inler: Frei dan Behrami tidak ada, maka perhatian publik Swiss akan tertuju ke Gokhan Inler. Sebagai gelandang bertahan, Inler diprediksi bisa mengatasi dominasi skill individu pemain Spanyol di lapangan tengah. Ia juga piawai melakukan serangan balik cepat. Lini belakang Spanyol mungkin akan memberinya perhatian ekstra.

Prediksi

Spanyol relatif tidak terlalu kesulitan bermain dengan tim-tim menengah Eropa. Namun mereka kerap kesulitan meraih tiga angka di turnamen seperti Piala Dunia. Prediksinya adalah kesempatan Spanyol memenangkan laga ini 67 persen, dan kemungkinan seri hanya 20 pesen.

Spanyol 2-0 Swiss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s