Posted: March 11, 2012 in Uncategorized
Tags:

Assalamualaikum guys.bagaimana kabar kalian? Maaf ya sebelumnya admin lama tak menuliskan sesuatu,bukan karena tak mau berbagi tapi karena kesibukan admin,sehinga blog ini diluar pantauan admin..hehe

Kali ini admin akan share sedikit ya.ini tentang motivasi diri,WHAT YOU WANNA BE?

Kata-kata itu inti dari pembahasan kita kali ini.oke..admin akan mulai dari gambar ini…

 

Apa yang agan dan aganwati bayangkan ketika melihat gambar diatas?? Oke,mari kita bahas.

Industri erat kaitannya dengan Organisasi.lho kok bsa gan?yups,karena didalam Organisasi terdapat bagian-bagian seperti berikut :

  1. Visi Misi
  2. Struktur
  3. Jobsk Desk
  4. Development
  5. Measure
  6. Feedback
  7. Coaching
  8. Remunerasi

Sama halnya di dunia industri,ke 8 hal diatas ada pada dunia industri,hanya saja berbeda fungsinya.admin  tidak membahas organisasi lebih lanjut,tapi admin akan membahas ttg dunia industri.

Sesuai gambar 1  diatas, ada 2 hal penting yang dapat kita simpulkan.2 hal yang penting itu adalah SDM dan SYSTEM.

SDM

Hal yang perlu dibahas mengenai SDM adalah :

  1. Motivasi ; seseorang harus mempunyai motivasi agar dapat berkontribusi untuk perusahaannya.
  2. Komitmen ; kita harus berkomitmen atas pekerjaan yang kita lakukan.karena dengan adanya komitmen kita menjadi pribadi yang mempunya harga jual yang tinggi.
  3. Teamwork ; sama halnya saat kita bermain bola,permainan bola tak mungin dapat menang jika tidak adanya teamwork yang bagus.begitu pula saat kita bekerja.
  4. Kepuasan kerja ; kepuasan kerja sangat diperlukan.karena jika karyawan kita bosan atas apa yang ia kerjakan,maka kita sebagai manager harus mengevaluasi pekerjaannya,apakah terlalu berat atau ada faktor eks di sisi lain.

SDM yang baik adalah yang mampu memberikan service kepada konsumen.lalu bagaimana kita memberikan pelayanan atau servis yang baik kepada pelanggan? Perhatikan Rumus berikut :

Dimana S                     : Service

Hard Skill       : kemampuan yang bersertifikasi.misalnya pendidikan formal yakni SD,SMP,SMA,S1 dst

Soft skill         : keinginan atau berupa motivaasi diri,komitmen dst

Lazy               : malas merupakan pembagi yang sangat besar

Timing           : jika sudah malas,maka waktu akan terbuang

Cost               : begitu pula dengan cost,yakni cost yang kita keluarkan akan lebih banyak.

Jadi,jika kita ingin memberikan service yang baik kepada pelanggan,maka selain kita mempunyai hard skill dan soft skill kita juga harus menghilangkan para pembagi,yakni malas,waktu yang terbuang secara sia-sia dan uang yang mubadzir.

SYSTEM

Jika kita membahas system berarti kita juga membahas management yang baik.seperti apa management yang baik itu? Mari kita bahas.

System yang baik pasti ada unsur-unsur sbb :

  1. Visi Misi ; sebuah perusahaan pasti mempunyai visi dan misi yang berbeda,tergantung pada bidangnya masing-masing.yang pasti visi dan misi sebuah perusahaan itu untuk mensejahterakan karyawannya dan guna membawa perusahaan ke tingkat yang lebih atas.
  2. Struktur ; Sebuah perusahaan mempunyai struktur yang berbeda tergantung seberapa besar perusahaan itu.
  3. Job Desk ; Job desk sangat diperlukakn oleh perusahaan untuk memberikan tugas atau pekerjaan kepada karyawannya agar tetap berada pada koridor kerja yang benar dan baik.
  4. Development ; Perusahaan perlu adanya sebuah pengembangan,baik dari fasilitas hingga infrasruktur.
  5. Measurement ; sebagai perusahaan yang baik seharusnya ita mempunyai tolok ukur atau alat ukur terhadap suatu pekerjaan agar pekerjaan tersebut selesai tepat pada waktunya.
  6. Feedback ; manager perusahaan harus mengadakan kuisioner guna mengetahui apa-apa saja yang menjadi kendala karywan,baik di kantor maupun di lapangan.agar karyawan ada feedback atau timbal baliknya ke kita.
  7. Coahing ; sebelum penerimaan karyawan,sebaiknya kita adakan coaching atau pelatihan-pelatihan agar calon karyawan dapat paham apa saja yang harus ia kerjakan dan yang pasti mendapat pengalaman baru.
  8. Remunerasi ; sebagai manager yang baik,kita harus membuat remunerasi atau bisa dikatakan rapor hasil kerja.ini dibuat untuk memantau hasil kerja para karyawan.nantinya karyawan yang mempunyai reputasi yang baik, maka ia akan mendapatkan bonus atau hadiah.

Selain 8 hal diatas,yg terpenting adalah System.mengapa system gan? karena Organisasi dan Industri menggunakan system yg sama yakni SYSTEM TERBUKA.Dimana terdapat

……..GAMBAR 2…….INPUT-OUTPUT-PROSES-EVALUASI………………………….

Dari gambar tersebut dapat dijabarkan bahwasanya sebuah perusahaan pasti mempunyai input berupa calon karyawan atau karyawan itu sendiri.sedangkan pada bagian prosesnya ialah seorang atau satu struktur yang bekerja pada jobdesknya masing-masing yang nantinya menghasilkan suatu output yang berupa hasil kerja.setelah hasil kerja telah terselesaikan,maka saatnya untuk evaluasi,apa guna evaluasi? Evaluasi berguna untuk melihat input atau bagian mana yang terdapat kesalahan,sehingga membuat hasil atau outputnya tidak sesuai dengan yang perusahaan inginkan.

Admin ambil gambaran atau contoh, ketika kita membuat sebuah produk berupa margarin misalnya,inputnya adalah minyak sayur,air garam serta emulgator.sedangkan prosesnya adalah dengan cara diaduk-aduk sehingga membentuk sebuah gumpalan.lalu ditaruh di freeze.dan akhirnya margarin pun jadi sekaligus menjadi outputnya.lalu kenapa setelah margarin tersebut keluar dari freeze kok mencair lagi?? Ada yang salah? Nah,ini yang seharusnya kita lakukan,yakni EVALUASI.apakah kebanyakan air,atau kurang emulgator,atau ada kesalahan lainnya sehingga menjadikan sebuah produk itu tidak sempurna atau tidak sesuai dengan yang perusahaan inginkan.

Di era samurai,seseorang disebut kaya apabila ia mempunyai tanah yang luas.berbeda dengan era industri,dimana seseorang disebut kaya apabila ia bisa mengoperatorkan sebuah mesin,karna pada era itu mesin merupakan sebuahaset yang sangat berharga.nah,berbeda lagi di era yang sekarang ini,yakni era teknologi dan informasi.orang yang kaya adalah orang yang mampu menguasai ilmu teknologi dan sanggup menggunakannya dengan baik.Oleh karena itu di era sekarang ini banyak orang-orang berlomba untuk mempelajari teknologi informasi.

Oke,sekarang mari kita membuat Visi dan misi.disaat saya menanyakan apa visi misi kalian? Pasti kalian mempunyai jawaban yang berbeda-beda.

Kalau ditanya.visi misi admin apaan? Maka saya akan menjawab

Visi saya adalah dalam 10 tahun yg akan dating,saya akan menjadi pengusaha di bidang kontraktor lalu 5 tahun berikutnya merambah dunia perminyakan.

Misi saya adalah berdoa,belajar dan bekerja keras.hidup disiplin dan sederhana

So,what you wanna be? The answer is in yourself….

 

Created By : Hendry Suwarno ~Anno™ ~

Sumber : Dosen Psikologi industri

Comments
  1. vivinnyan says:

    benar benarr benarrr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s